Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke 72 tahun di Gedung Agung Yogyakarta

Upacara bendera peringatan HUT kemerdekaan ke 72 RI di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di pusatkan di Gedung Agung Yogyakarta. Ribuan warga antusias untuk melihat upacara bendera ini. Bertindak sebagai inspektur upacara Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Paskibraka DIY untuk dikibarkan dalam Upacara Bendera Peringatan HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2017 Tingkat DIY.
Upacara yang diselenggarakan di Istana Kepresidenan Gedung Agung ini berjalan khidmat dan dihadiri berbagai instansi di DIY.

Yang berbeda pada upacara HUT ke-72 RI di Yogya, saat detik-detik Proklamasi dimulai diperdengarkan bunyi sirine atau warga Yogya menyebutnya dengan bunyi gaok. Warga sekitar yang melihat Upacara menoleh ke menara sumber bunyi yang ada tidak jauh dari Gedung Agung atau berada di selatan pasar Beringharjo. Bunyi sirine gaok ini menjadi ciri khas setiap peraayaan 17 Agustus di Yogyakarta.

Bunyi gaok ini berasal dari menara yang dibangun pada masa penjajahan Jepang pada masa perang kemerdekaan. Sirine ini dulunya dibangun untuk peringatan bahaya jika ada serangan dari sekutu.

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3603345/turis-asing-serius-saksikan-upacara-hut-ri-di-gedung-agung-yogya

Instagram @humasjogja

Writer : Deva Bunga Madarayu