Ternyata Cukup dengan kaya Gini, Bisa Menghemat Biaya Makan Banget Saat travelling

Merencanakan travelling itu nggak sekedar baiaya transportasi dan penginapan aja lho. Kalian yang suka travelling paham bukan, apa aja yang harus kalian siapkan.

Soal makan gimana? Nggak mungkin dong kalian nggak makan saat travelling, makan menjadi kebutuhan pokok. Gimana caranya agar biaya makan nggak membengkak saat travelling? Kalian harus cermat dan coba ikuti tips dibawa ini.

1. Buat anggaran

Ada banyak yang harus dipersiapkan, mulai dari barang-barang bawaan yang pastinya nggak kaya pindahan ya Scrummia, kalian perlu memasukkan beberapa hal yang menurut kalian penting saja. Setelah itu, buat list anggaran, mulai dari transportasi, penginapan, makan dan lain-lain. Pastikan semua aman ya. Terutama untuk biaya makan, kalian harus sisihkan sendiri, jangan disatukan dengan yang liannya, agar biaya yang lain nggak jadi korban.

2. Jadiwal Makan

Selain kalian membuat jadwal ke mana saja kalian akan pergi, tempat-tempat wisata mana saja yang bakal kalian kunjungi, jadwal makanpun harus kalian masukkan Scrummia. atur waktu kalian untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Pastikan tiap jadawal yang kalian buat, harus benar-benar kalian jalankan ya. Agar apa yang sudah kalian rencanakan nggak berantakan.

3. Pilih makanan khas lokal

Rasanya kurang banget kalau kalian datang kesuatu daerah nggak mencicipi makan khas daerah tersebut. Kalau kalian ke Jogja, kalian wajib coba cita rasa gudeg. Pintar-pintar memilih tempat makan ya, hindari restoran mewah, pilih saja yang tradisional bahkan yang pinggir jalan atau kaki lima. Kalau di Jogja nih, untuk makan dipinggir jalan itu nggak susah Scrummia, kalian cari yang jauh dari tempat wisata ya, supaya harganya lebih murah.

4. Tanya harga terlebih dahulu

Buat kalian yang sudah mengatur anggaran untuk makan. Harus punya inisiatif untuk bertanya terlebih dahulu. Berapa harga makanannya seporsi, berapa harga minumannya. Jangan khawatir dikatain cerewet atau perhitungan banget. Ingat, demi tidak mengganggu biaya yang lain.

Syukur-syukur nih kalau warung tersebut punya harga di menu makanannya, kalau nggak ada dan tiba-tiba kalian harus bayar mahal? bisa repotkan? hehehe.

Dari pada sesat di jalan, memastikan nggak ada salahnya kok.

Gimana? Mau coba? Bermanfaat banget deh buat kalian yang travelling tapi nggak mau terlalu jojoran. Selamat mencoba ya. Nggak perlu mewah kalau mau travelling.

Ingat Jogja, Ingat Jogja Scrummy.

Photo: www.liputan6.com

Writer: Lola Lolita