Serangan Umum 1 Maret 1945 “Jogja Mendunia”

Hai Scrummia, hari ini merupakan hari penting dalam dunia sejarah. 1 Maret, merupakan hari peringatan serangan umum 1 Maret 1949. Hayo kalian masih ingat dengan sejarah satu ini? dulu kerab banget kita dengar lho saat duduk dibangku sekolah. Jadi jangan lupakan sejarah ya Scrummia, mumpung lagi bertepatan dengan hari sejarah, yuk ikut serta meramaikan kegiatannya. Nambah ilmu juga nih Scrummia.

Dalam memperingati Serangan Umum 1 Maret 1945, Museum Benteng Vredeburg bekerja sama dengan beberapa lembaga kece nih, diantaranya Dinas Kebudayaan DIY, Paguyuban Wehrkreise III Yogyakarta, Komunitas Yogyakarta 1945, Yayasan Kajian Citra Bangsa (YKCB), Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Museum Sasmitaloka Pangsar Jenderal Soedirman, serta Museum Monumen Jogja Kembali. Dengan tema yang bertajuk “Jogja Mendunia”.

Nah dalam memperingati acara tersebut, ada beberapa acara yang digelar Scrummia. kalian bisa ikut meramaikan acara tersebut. Dicatet ya Scrummia, biar kalian bisa merasakan gimana sih perjuangan bangsa kita dulu. Dengan begitu juga kita bisa menghargai perjuangan bangsa dengan tidak melupakan sejarahnya.

Pada tanggal 1-6 Maret 2018 akan ada acara Pameran temporer Museum Vredeburg Yogyakarta. Acaranya di mulai dari jam 08.00-16.30 WIB. Nggak kalah seru juga nih, adanya panggung apresiasi, dimulai dari jam 10.00-15.30 WIB, serta beberapa acar lainnya lagi, seperi ziarah kemakam pahlawan Kusuma Negara Yogyakarta, hari ini, jam 10.00-11.30 WIB.

Kalian harus ikut serta dalam keseruannya ya Scrummia. Satu hal yang harus diingat, sejarah bangsa tak boleh dilupakan.

Ingat Jogja Ingat Jogja Scrummy

Photo: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Writer: Lola Lolita