Rebutan Berkah di Perayaan Maulid Nabi Ala Jogja

Assalamualaikum Scrummia. Dalam memperingati Maulid Nabi SAW, Keraton Yogyakarta menggelar tradisi Garebeg Maulud. Prosesi adat ini cukup menarik perhatian masyarakat lho Scrummia, sejak pagi warga sudah mulai berdatangan, bahkan ni Scrummia ada yang rela menginap agar bisa datang lebih awal. Tidak hanya itu, bahkan mereka yang datang berasal dari berbagai daerah lho, yang jaraknya lumayan jauh dari Jogja. Wah antusiasnya tinggi banget ya Scrummia. Kalian yang lagi di Jogja jangan melewatkan prosesi adat seperti ini ya.

Perayaan Garebeg diawali dengan parade prajurit Keraton yang keluar lengkap dengan senjata khusus serta alat musik. Diakhir parade, arakan Gunungan menyusul keluar. Gunungan sendiri berisi sayur-sayuran yang melambangkan hasil bumi dan simbol kemakmuran. Ada 7 Gunungan yang dikeluarkan Keraton. Kemudian diarak ketiga titik yang sudah ditentukan yaitu halaman masjid Gede, Kadipaten Puro Pakualaman dan komplek Kepatihan Yogyakarta. Gunungan itu nantinya akan dibagikan kepada masyarakat. Usai didoakan, Gunungan dapat diperebutkan oleh warga yang menonton. Sebenarnya, masyarakat sudah mulai tidak sabar lho Scrummia, sejak Gunungan melintas dihadapan mereka. Tujuan mereka tidak hanya menonton saja Scrummia, mereka menaruh harapan bisa membawa pulang sedikit dari isi Gunungan tersebut

Scrummia tahu nggak? Kenapa masyarakat menginginkan isi dari Gunungan? Yah, masyarakat menginginkan berkah. Kepercayaannya nih, siapapun yang bisa mendapatkan isi Gunungan tersebut, akan mendapatkan ketentraman dan ketenangan dalam rumahnya. Kepercayaan seperti ini sudah melekat sejak lama pada masyarakat Jawa. Menurut mereka pemberian Sultan adalah suatu bentuk dari keberkahan. Kalian yang ingin ikut memperebutkan Gunungan boleh kok. Tapi harus hati-hati ya, karena bakal berdesakan dengan ratusan masa.

Nah Scrummia Selain Jogja sebagai kota budaya dengan sejuta tradisinya dan luar biasa istimewanya ini, ada lagi lho yang istimewa dan wajib Scrummia bawa pulang. Pelopor oleh-oleh kekinian pertama yang ada di Jogja. Yup! Jogja Scrummy by Dude Herlino. Jadiiii Ingat Jogja, Ingat Jogja Scrummy.

Writer : Lola Lolita