Ngaku Cinta Budaya? Jangan Lewatkan Yang Ini!

Indonesia itu tidak lepas dari kebudayaan. karenakan memang pada dasarnya  suku yang bermukim di Indonesia ini beragam. Tapi ada fakta lain lho scrummia kenapa Indonesia itu dikenal dengan kekayaan budayanya. Itu karena Indonesia merupakan negara kepulauan, sehingga hal ini turut memberikan pengaruh mengapa kebudayaan antar daerah bisa beragam. Salah satunya nih kebudayaan Jawa. Jawa sendiri, merupakan suku terbesar di Indonesia, yang sudah pasti suku Jawa memiliki kebudayaan yang besar dan masih dipertahankan sampai saat ini. Buktinya keberlangsungan budayanya masih bisa kita temui di era semodern ini lho.

Yogyakarta, kota ini lekat dengan kebudayaannya. Salah satunya ni, Numplak Wajik. Jadi ritual Numplak Wajik yang dilaksanakan oleh para abdi dalem dan kerabat Keraton ini merupakan prosesi awal sebelum dibuatnya Gunungan yang akan diperebutkan dalam upacara Garebeg. Scrummia tau nggak Numplak Wajik itu apa? Upacara Numplak Wajik artinya adalah menumpahkan Wajik (Makanan yang terbuat dari ketan dan gula merah). Pelaksanaan upacara ini diawali dengan iringan musik tradisonal Gejog Lesung yang dimainkan para abdi dalem berseragam khas, yaitu warna merah. Suaranya merdu banget lho scrummia.

Sebelum upcara dimulai, terlebih dahulu dipanjatkan doa mengharapkan keselamatan dan keberkahan yang dipimpin oleh penghulu Keraton. Setelah selesai, kemudian wajik ditumpahkan dan dibentuk seperti gunungan. Ada yang unik lho Scrummia, seusai semua rangakai pemasangan dilakukan para abdi dalem perempuan langsung ambil bagian untuk melumuri wajah dengan Dlingo Bengle atau lebih dikenal dengan parutan empon-empon yang berwarna kuning. Karena ini diyakini bahwa parutan tersebut akan membuat pemakainya tampak awet muda. Luar biasa ya Scrummia. Kalau lagi liburan di Jogja ni, jangan melewatkan berbagai prosesi ritual budayanya ya. Jangan lupa juga nih, mampir ke Jogja Scrummy. Tetap cinta budaya ya Scrummia.

Writer : Lola Lolita