Lakukan 5 Hal Ini di Awal Bulan, Agar Hidupmu Lebih Teratur

Menjelang awal bulan selain membahagiakan, namun menjadi suatu tantangan pula bagi sebagian orang. Gimana nggak. Di awal bulan cukup membahagiankan karena sudah menerima uang dari kantor atau perusahaan tempat kalian bekerja. Yang cukup bikin pusing adalah, bagaimana mengatur keuangan agar bisa bertahan sampai gajian berikutnya. Belum lagi kalau kalian punya banyak tanggungan, alias cicilan yang harus dibayar. Cukup bikin pusing ya.

Jogja Scrummy coba bagi tips agar hidup kalian lebih teratur dan nggak perlu pusing dengan keuangan yang kalian punya. Yuk simak.

1. Mulailah sesuatu dengan sebuah harapan

Nggak ada doa khusus sih untuk menghadapi awal bulan. Kalian bisa kok mulainya dengan dzikir, atau ucapan harapan kebaikan agar membawa berkah. Pokoknya doa yang terbaik deh.

2. Menysusun Anggaran

Penting buat siapapun untuk menyusun anggaran. Bisa aja, kebutuhan bulan ini berbeda dengan bulan kemarin. Dengan kalian mengatur anggaran, solusi terbaik untuk bisa mengatur masa depan yang cerah pula hehehe. Catat semua kebutuhan kalian apa saja yang harus dibayar, dibeli dan pastikan untuk membeli hal-hal yang dianggap sangat penting.

3. Menyisihkan Penghasilan Untuk Tabungan

Saran nih Scrummia. Agar penghasilan kalian bisa selamat untuk masuk ketabungan, pastikan gitu gajian, kalian langsung menyisihkan untuk ditabung. Uang tabungan harus disendirikan ya Scrummia. Uang yang sudah masuk ke tabungan, anggap aja nggak ada, jangan diingat-ingat bahkan punya niatan untuk diambil. Kalau kalian menabungnya disalah satu tabungan yang memiliki ATM, jangan pernah dibawa ATM-nya ya. Bahaya kalau-kalau hilaf dan kepakai.

4. Membuat List Pekerjaan

Kalian sebagai pekerja harus membuat target untuk setiap bulannya ya Scrummia. Catat semua pekerjaan apa yang akan kalian lakukan pada bulan tersebut. Kerjar target yang sudah kalian buat.

Hal-hal kecil seperti ini sangat berguna dalam membantu pekerjaan kalian lebih teratur dan dapat terselesaikan dengan baik. Pekerjaan apapun jangan pernah ditunda ya Scrummia, dikerjakan secepat mungkin dan lanjut fokus dengan pekerjaan selanjutnya.

5. Menentukan Waktu Untuk Liburan

Kerja terus nggak baik juga untuk kesehatan hehehe. Butuh refreshing dong pastinya. Kalian bisa nentuin kapan kalian akan berwisata atau hanya sekedar bersantai. Dalam satu bulan pastikan kalian punya waktu untuk lebih rileks agar pikiran dan badan lebih fresh Scrummia.

Semoga bisa bermanfaat ya Scrummia. Jangan terlalu memaksakan diri untuk hal-hal yang dianggap nggak begitu penting. Lakukan yang terbaik untuk hidup kalian. Atur sebaik mungkin keuangan kalian.

Ingat Jogja, Ingat Jogja Scrummy.

Photo: www.youthmanual.com

Writer: Lola Lolita