Labuhan Kesultanan Yogyakarta di Pantai Parangkusumo

Upacara Labuhan Kesultanan yang dilakukan di Pantai Parangkusumo, Bantul. Dilakukan setiap tanggal 30 Rajab berdasarkan penanggalan Jawa untuk memperingati bertahtanya Sri Sultan Hamengku Buwono X. Upacara labuhan merupakan salah satu upacara adat yang diselenggarakan secara teratur dan masih berpengaruh didalam kehidupan sosial penduduk di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Prosesi labuhan ini diawali dengan acara penyerahan uba rampe atau berbagai barang yang akan dilabuh dari utusan kraton kepada ketua Camat Kretek, di kantor Kecamatan. Dari Kecamatan kemudian dibawa menuju Pantai Parangkusumo dan diterima juru kunci Parangkusumo.

Labuhan yang dilaksanakan tiap setahun sekali itu diantaranya melarung kain panjang batik, pakaian Sultan serta sisa bunga setaman sebagai ucapan rasa syukur. Sebelum semua perlengkapan labuhan tersebut dibuang ke laut, para abdi dalem kraton berdoa bersama di pinggir pantai Parangkusumo, kemudian berbagai uba rampe diletakkan dalam tiga tandu berbeda untuk kemudian dilarung ke laut selatan.

Upacara Labuhan Kesultanan yang dilaksanakan di Pantai Parangkusumo ini menarik banyak warga yang tertarik untuk melihat proses ritual ini. Tidak hanya warga Jogja saja, akan tetapi menarik juga banyak wisatawan mancanegara.

Sumber : http://zahirulalwanphotography.blogspot.co.id/2011/07/labuhan-parangkusumo.html

http://globalinfokoe.blogspot.co.id/2011/07/kraton-yogyakarta-gelar-labuhan.html

Writer : Deva Bunga Madarayu