Jogja Darurat Sampah!

Masalah sampah ini dimana – mana memang susah untuk terselesaikan. Apalagi di kota – kota besar seperti Yogyakarta. Tumpukan sampah terlihat di beberapa pinggir jalan, bahkan di beberapa kolong jembatanpun menjadi tempat untuk membuang sampah. Sungguh sangat miris bukan Scrummia?. Baru – baru ini tersebar berita bahwa TPST Piyungan ditutup. Dimana TPST ini adalah tempat pembuangan sampah terakhir yang ada di daerah Yogyakarta.

Tutupnya Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan berdampak oleh tiga wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu Kabupaten Sleman, Bantul, dan Kota Yogyakarta. Karena selama ini daerah – daerah tersebut menggunakan Piyungan sebagai tempat pembuangan akhir sampah.

Jika Scrummia lihat banyak di beberapa titik pinggir jalan dan depo di tiga wilayah tersebut terlihat penumpukan sampah hingga menggunung dan meluber hampir sampai ke jalan. “Dengan ditutupnya TPST Piyungan maka berpengaruh besar ke penumpukan sampah di Sleman.” Kata Kepala UPT Pelayanan Persampahan DLH Sleman, Sri Restuti Nurhidayah.

Ada banyak truk – truk pengangkut sampah  yang sudah mengantre sejak hari Kamis pekan lalu, dan puncaknya ada pada Hari Minggu kemarin, truk sama sekali tidak bisa membuang sampah disana. Jika keadaan ini berlangsung lama, maka alternative lainnya adalah dengan membuang sampah di TPS Kulon Progo dan di Gunungkidul.

Memang tidak banyak yang dapat kita lakukan ya Scrummia untuk memusnahkan sampah, tapi yuk! kita harus lebih peduli lagi untuk membuang sampah pada tempatnya, dan mengurangi penggunaan plastik, jika belanja kita bisa membawa kantong belanja sendiri tanpa harus menggunakan kantong plastik. Pelajari juga tentang pemisahan sampah ya Scrummia, jadilah manusia yang lebih bertanggung jawab karena menjaga alam itu adalah kewajiban kita semua.

Sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/2019/03/27/yogyakarta-darurat-sampah

Writer : Deva Bunga Madarayu