Jangan Diseplesekan, Ini Penting! Agar Selamat Dari Gempa Bumi

Turut berduka atas apa yang terjadi di Palu, semoga masyarakat setempat cepat berbenah dan bisa bangkit kembali. Kita doakan agar bencana alam yang terjadi nggak terulang lagi. Begitu juga dengan saudara-saudara kita di Lombok, semoga kecerian bisa cepat mewarnai wajah kalian lagi.

Menghadapi bencana alam memang nggak mudah, siapa yang nggak panik? Siapa yang nggak histeris melihat kondisi yang porak poranda setelah bencana tersebut. Belum lagi kalau ada sanak-saudara yang terluka bahkan meninggal karena bencana tersebut.

Semoga Negara kita baik-baik saja ya Scrummia, cukup, jangan ada lagi bencana-bencana selanjutnya. Jogja Scrummy mau berbagi tips agar selamat saat menghadapi gempa bumi. Tolong ini jagan disepelekan ya, penting banget demi keselamatan bersama.

1. Jika kalian berada di dalam rumah, carilah berlindungan segera mungkin. Kalau nggak sempat keluar rumah karena gempa terlalu besar, kalian bisa mencari perlindungan dibawah meja. Pastikan, kompor, air dalam kondisi nggak menyala ya. Jangan panik, tetap tenang saat kalian berlindung. Begitu gempa reda, keluar rumah dan carilah kawasan yang terbuka. Biasanya setelah gempa besar akan ada gempa susulan.

2. Jika kalian berada di sekolah, maka hal yang harus kalian lakukan berlindunglah di dibawah kolong meja. Jangan pernah berdiri didekat gedung atau pohon. Kalau sudah berhasil keluar dari gedung sekolah, carilah tempat lapang yang jauh dari gedung atau pepohonan.

3. Jika kalian sedang berada di perkantoran, maka yang harus kalian hindari adalah jendela kaca atau apapun yang berhubungan dengan keca. Karena jika kaca pecah yang disebabkan oleh getaran, itu akan sangat membahayakan kalian.

4. Jika kalian berada dipusat perbelanjaan, tetap tenang jangan panik, jangan terpancing oleh kepanikan orang lain. Sangat besar kemungkinan, orang akan mudah panik dan berlarian ke sana-sani. Nah ada baiknya, dengarkan instruksi petugas setempat. Jangan gunakan lift jika kalian berada di mall atau gedung apapun, gunakanlah tangga darurat.

5. Jika kalian berada di kendaraan, baik umum maupun pribadi, berpegang kecanglah, agar tidak terjatuh saat kendaraan berhennti tiba-tiba. Lalu keluar dan cari tempat terbuka, berpeganglah dengan sesama, dan tetap tenang sampai gempa benar-benar reda.

Semoga ini bermanfaat dan bisa kalian terapkan saat gempa terjadi. Kunci utama adalah, tenang. Jangan panik saat apapun terjadi, karena kondisi panik dapat membahayakan, kalian nggak bisa berfikir dengan baik. Dengarkan setiap instruksi dari petugas, nggak boleh ngeyel, karena petugas tahu harus melakukan apa.

Ingat Jogja, Ingat Jogja Scrummy.

Photo: voaindonesia.com

Writer: Lola Lolita