Jangan Dikira Sama ya. Tahu Kupat, Kupat Tahu dan Tahu Guling Itu Beda Lho!

Hai Scrummia, pernah dengar makanan yang berhubungan dengan tahu? Makanan yang berasal dari olahan kedelai ini menjadi bahan dengan berbagai olahan masakan lho.

Ada kuliner yang menarik di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Tahu yang diolah menjadi makanan khas derah ini menjadi primadona, namun sedikit yang bisa membedakannya. Tahu Kupat, Kupat Tahu dan Tahu Guling itu, memiliki perbedaan Scrummia. Jangan dikira sama ya.

(Baca Juga: https://jogjascrummy.com/5-tempat-paling-cozy-di-jogja-untuk-si-kutu-buku/)

Sekilas memang terlihat sama sih. Wajar aja banyak yang susah membedakan. Perlu kalian tahu nih Scrummia, Tahu Guling merupakan kuliner khas Yogyakarta, Kupat Tahu khasnya Magelang dan Tahu Kupat khas Solo.

Gimana sih cara membedakan ketiganya? Yuk simak

1. Kupat Tahu

Kuliner khas Magelang ini, berbahan dasar ketupat, tahu goreng, dan bumbu kacang. Tahu yang digoreng itu nggak terlalu kering, jadi rasa tahunya itu masih kenyal. Selain itu, ada pula tambahan lainnya, berupa irisan kol, tauge, bakwan dan mie. Kemudian ditaburi bumbu kacang, namun tekstur kacangnya itu masih kasar Scrummia, alias nggak halus.

2. Tahu Kupat

Kalau ini khasnya Solo. Lucu ya, namanya Cuma dibalik doang. Kalau diperhatikan memang agak mirip sih Scrummia. Sama-sama berbahan dasar ketupat, tahu putih di goreng. Tambahanya juga sama, berupa irisan kol, tauge, bakwan dan mie. Di mana bedanya dong kalau gitu? Untuk bedanya nih terdapat dikuahnya Scrummia. kalau Tahu Kupat itu, kuahnya coklat bening kehitaman dengan tabuhan kacang goreng utuh.

3. Tahu Guling

Ini juga sama Scrummia, sekilas mirip dengan Kupat Tahu dan Tahu Kupat. Tapi nih kalau kalian teliti, kalian bakal nemuin tuh perbedaannya. Kuliner khas Jogja ini, bahan dasarnya sama, menggunakan ketupat, tahu yang digoreng, ada irisan kol, tauge, dan bakwan. Nah kalau Tahu Guling, ada tambahan tempe gorengnya. Untuk kuahnya nih hitam bening kecoklatan dan tidak ditambahi kacang.

Gimana? Kalian sudah bisa menemukan perbedaannya? Yang suka banget dengan kuliner ini, bakal tahu deh bedanya di mana hehehe. Semoga bermanfaat ya. kalau ke Jogja, magelang atau solo, coba deh kuliner yang satu ini.

Ingat Jogja, Ingat Jogja Scrummy.

Photo: brilicious.brilio.net

Writer: Lola Lolita