Desa Pandes “Kampung Dolanan” Bantul Yogyakarta

Assalmualaikum Scrummia…

Kampung Dolanan yang terletak di Dusun Pandes, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini sering di kunjungi banyak wisatawan hanya untuk melihat atau bahkan membeli beberapa mainan tradisional. Yang lebih uniknya lagi para pengrajin mainan tradisional ini adalah orang – orang tua atau para sesepuh di Dusun Pandes. Permainan tradisional, yang biasa kita sebut sebagai ‘dolanan’ sudah jarang sekali terlihat dimainkan oleh anak-anak jaman sekarang. Bahkan jaman sekarang ini anak – anak lebih suka bermain game di Handphone.

Di Kampung Dolanan ini, keunikan salah satu desa dari keragaman seni kriya yang ada di Yogyakarta, dimana eksistensi dolanan masih bertahan. Sejarah dari Kampung Dolanan ini sendiri berasal dari Nyai Sompok yang merupakan keturunan Majapahit. Kedatangan Nyai Sompok di dusun Pandes lantas menyebarkan ketrampilan membuat permainan anak. Bebeberapa jenis mainan tradisional ini ada kitiran, klonthongan, othok – othok, payung kertas, dan masih banyak lagi.

Hingga tahun 1980-an, hampir ratusan penduduk menekuni profesi ini. Terbukti, hasil kerajinan banyak dijual ke luar daerah Yogyakarta seperti Kebumen, Semarang, Klaten. Namun, pada tahun 1980-an, Kampung Dolanan menjadi sepi karena banjirnya permainan modern.

Nah Scrummia jangan sampai melupakan mainan tradisional Indonesia ya, tetap lestarikan dengan cara membeli mainan tradisional untuk adik kita atau bahkan untuk anak sendiri, agar anak – anak jaman sekarang tidak terpaku oleh game yang ada di Handphone saja.

Wassalamualaikum Waromatullahi Wabarokatuh…

Sumber : https://gpswisataindonesia.files.wordpress.com/2016/08/3b7a5-kampung-dolanan-pandes-004.jpg

Writer : Deva Bunga Madarayu