Banyak Yang Nggak Tahu, Kalau Adrem Makanan Khas Bantul!

Hai Scrummia, kenalan dulu yuk sama makanan tradisional unik satu ini. Terbilang unik karena bentuknya memang unik hehehe, beda gitu dari yang lain.

Banyak yang nggak tau lho, kalau Adrem atau Tholpit itu makanan khas Bantul. Bahkan mendengar namanya saja belum pernah. Benar nggak nih?

Kalau ke Bantul, pasti yang ada dipikiran kalian, Sate Klathak, Peyek Undur-undur dan Geplak. Sekarang kalian harus tahu, ada Adrem yang enak banget lho di Bantul.

Makanan ini cukup terkanal di kalangan orang Bantul Scrummia, terutama di wilayah Sanden dan pasar-pasar Tradisionalnya.

Penasaran kan? ini makanan terbuat dari apa sih? Simak yuk, siapa tahu kalian bisa membuatnya di rumah.

Adrem atau Tholpit ini sebenarnya, gampang banget dibuat. Bahan utamanya tepung beras, kelapa parut dan gula jawa yang digoreng.

Cara membuatnya, boleh di catet Scrummia. Adonan tepung beras yang sudah dicampur dengan kelapa parut, kemudian dicampurkan dengan gula merah yang sudah dilelehkan. Ditumbuk, lalu dicetak berbentuk bulat, kaya bakso hehehe. Lalu pipihkan adonan tersebut di atas daun pisang, kemudian di goreng.

Nah kenapa bentuknya bisa demikian? Karena saat pembuatan dijepit dengan bilah bambu. Jadilah bentuknya menarik perhatian.

Untuk rasa sudah pasti manis, karena dilumuri gula merah. Kalau kalian ingin mencoba kue tradisional ini, kalian bisa kunjungi pasar-pasar tradisional Bantul. Kalian bisa menyebutnya Adrem, karena warga sekitar lebih familiar dengan nama tersebut.

Coba deh, pasti ketagihan.

Ingat Jogja, Ingat Jogja Scrummy.

Photo: merahputih.com

Writer: Lola Lolita