Akibat Curah Hujan Yang Tinggi, Banjir dan Longsor Menerjang Beberapa Daerah Di Yogyakarta

Hari Minggu, tanggal 17 Maret 2019 Yogyakarta diguyur hujan. Bahkan satu hari penuh hujan tak kunjung reda. Hujan deras serta angin kencang tidak hanya mengguyur Kota Yogyakarta saja, akan tetapi beberapa daerah sekitar Jogja juga diguyur hujan. Akibat intensitas hujan yang deras beserta angin kencang beberapa daerah Yogyakarta mengalami banjir bahkan tanah longsor, Minggu malam.

Daerah yang terdampak seputaran Belakang Kampus ISI Yogyakarta, Dusun Prancak, Panggungharjo, Sewon. Air setinggi mata kaki hingga betis. Tempat lain seperti Sungai Celeng, Cebolan, Padukuhan Deresan, IMogiri, Bantul tak mampu menampung air hujan yang turun.

Mengakibatkan sejumlah warga yang berada di Bantaran Sungai Celeng terjebak di pemukiman. Terjadi tanah longsor juga di daerah Bantul, dan dilaporkan dua warganya meninggal dunia. Dari data BPBD DIY, di Kabupaten Bantul ada 26 desa dan 10 kecamatan yang terdampak banjir, serta 9 desa yang tersebar di 7 kecamatan terdampak longsor.

Minggu malam hingga hari Senin petugas masih melakukan evakuasi warga terdampak banjir di Bantaran Sungai Celeng. Pada saat kejadian yang paling penting evakuasi warga tempat yang aman, kedua pemeriksaan bantuan dan logistik.

BMKG DIY memprediksi hujan sedang lebat akan terus berlangsung hingga tiga hari kedepan. Dengan adanya situasi potensi cuaca ekstrem ini, BMKG DIY mengeluarkan beberapa imbauan kepada masyarakat untuk mewaspadai sejumlah potensi bencana hidrometeorologi. Kepala kelompok data dan informasi stasiun Klimatogoligi Yogyakarta, Djoko Budiyono menjelaskan, kondisi cuaca di sebagian besar wilayah Yogyakarta masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang disertai petir dan angin kencang.

Maka selalu berhati – hati ya Scrummia, cuaca saat ini memang tidak menentu, siapkan jas hujan, payung, serta obat – obatan untuk mengantisipasi jika penyakit saat hujan menyerang.

Sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/yogyakarta-dikepung-banjir-ketinggian-air-mencapai-15-meter.html

http://banjarmasin.tribunnews.com/2019/03/17/kondisi-terkini-banjir-di-yogyakarta-tinggi-air-hingga-betis-di-daerah-imogiri-bantul?page=2

http://wartakota.tribunnews.com/2019/03/18/banjir-dan-longsor-terjang-yogyakarta-2-warga-bantul-meninggal-dunia

Writer : Deva Bunga Madarayu