5 Fakta Menarik Gunung Merapi dan 3 Spot Paling Berbahaya Disana!

Baru – baru ini aktifitas Gunung Merapi memang sedang sangat amat diamati, karena memang saat – saat ini Gunung Merapi sedang beraktifitas cukup tinggi. Bahkan pada Hari Minggu (3/3/2019) pukul 00.00 – 06.00 WIB terekam 9 kali gempa guguran dengan durasi 12 – 44 detik. Sedangkan aktivitas Merapi di Hari Sabtu kemarin (2/3/2019) pukul 00.00 – 24.00 WIB juga terpantau cukup tinggi. Dari Data BPPTKG menyebutkan bahwa dalam sehari tersebut terjadi awan panas guguran sebanyak 10 kali. Untuk jalur pendakian sendiri juga sementara ditutup demi menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.
Saat Merapi seperti ini emang sangat berbahaya banget Scrummia. Tapi dibalik semua itu ada beberapa fakta menarik tentang Merapi dan beberapa spot berbahaya disana lho!

1. Pendaki Tersesat di Gunung Merapi Selama 3 Hari


Fakta menarik yang perlu Scrummia ketahui sebelum mendaki Gunung Merapi. Pertama, pastikan kalau Kalian sudah mengetahui tanda kalau Kalian tetap berada di trek pendakian yang benar.
Karena nih Scrummia kalau tidak nantinya Kalian bakal tersesat. Tersesat adalah hal yang pasti terjadi di pendakian sebuah gunung ketika Kalian sudah tidak berada di trek yang benar. Dan jika Kalian tersesat di Gunung Merapi, setidaknya Kalian akan hilang disana selama 3 hari.
Sebenarnya sudah lumayan banyak kasus pendakian Gunung Merapi yang tersesat, tiga hari kemudian baru ditemukan oleh petugas disana. Dan kebanyakan dari pendaki tersebut mengubah arah trek secara tiba- tiba.
2. Jalur Pendakian Berbatu dan Berdebu


Jalur Pendakian Gunung Merapi terkenal sebagai pendakian dengan jalur berbatu dan berdebu yang cukup berbahaya lho Scrummia. Namun, untuk sebagian para pendaki yang suka petualangan, tentu hal ini adalah tantangan tersendiri.
Nah yang perlu Scrummia butuhkan adalah dengan menggunakan sepatu gunung, ini adalah salah satu gear wajib yang harus Kalian gunakan saat mendaki gunung ini. Biar selalu aman dan nyaman ya Scrummia saat Kalian mendaki di trek bebatuan yang tajam dan terjal.
3. Sabar adalah Kunci Pendakian Terjal Di Gunung Merapi


Sabar adalah salah satu kunci utama Kalian saat mendaki Gunung Merapi yah Scrummia. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, trek pendakian Gunung Merapi tidak bisa dilakukan dengan buru – buru. Nah maka dari itu, sabar adalah kunci utamanya ya Scrummia.
4. Larangan Saat Mendaki Gunung Merapi


Nah ini juga sangat penting untuk diperhatikan nih Scrummia. Mengeluh dan hilang konsentrasi atau ngeblank memang sangat manusiawi ya, tapi saat Kalian mendaki Gunung Merapi, sebaiknya hal – hal seperti itu tidak Kalian lakukan ya, karena hal tersebut akan mengacu ke beberapa hal berbahaya lho.
Jika Kalian sampai kehilangan konsentrasi atau ngeblank, tentu itu akan mempengaruhi berubah arah pendakian atau keluar dari jalur trekking dan membuat Kalian tersesat. Makanya selalu perhatikan hal – hal sederhana itu ya Scrummia.
5. Mempunyai Spot – Spot Berbahaya


Gunung Merapi merupakan salah satu gunung yang mempunyai beberapa spot berbahaya dalam pendakiannya. Spot berbahaya ini terkait dengan kondisi alam disana, dan juga terkait dengan mitos atau legenda yang ada di Gunung Merapi.
Hal – hal yang menyangkut dengan hal gaib atau klenik di Gunung Merapi ini masih ada ternyata Scrummia. Nah itu kenapa Kalian juga sebaiknya perlu berhati – hati saat mendaki Gunung Merapi dan melewati spot – spot ini.
6. Tempat Berbahaya Gunung Merapi : Pasar Bubrah


Yup! Pasar Bubrah adalah kawasan yang dijadikan salah satu base camp sebelum Kalian mendaki sampai puncak Gunung Merapi. Dan konon ceritanya, Pasar Bubrah ini adalah pasar para makhluk gaib di Gunung Merapi.
Dan pasar ini ramai manusia yang terlihat jika malam hari saja. Banyak pendaki yang mengaku melihat banyak aktivitas jual beli seperti di pasar biasa, padahal disana tidak ada orang sama sekali selain rombongan pendaki tersebut. Jika Kalian melihat Pasar Bubrah ini, Kalian bisa tersesat atau keluar dari jalur trek pendakian lho Scrummia.
7. Jalur Pasar Bubrah


Selain spot Pasar Bubrahnya sendiri, jalurnya saja juga sudah menjadi salah satu spot berbahaya di Gunung Merapi. Bebatuan yang besar dan terjal serta tajam merupakan salah satu objek pengganggu yang nyata, terlebih jika ada pengganggu yang tidak kasat mata.
Kuncinya adalah tetap konsentrasi dan fokkus sama perjalanan dan saling memperhatikan anatara rombongan Kalian ya Scrummia.
8. Puncak Garuda


Mencapai puncak saat mendaki gunung memang hal yang sangat memuaskan ya Scrummia. Seakan seluruh perjuangan terbayarkan. Tapi Scrummia ingat nih! Bahwa Puncak Garuda Gunung Merapi ini atau kadang disebut dengan Puncak Tusuk Gigi adalah salah satu spot berbahaya di Gunung Merapi.

Gimana Scrummia, penasaran banget kan dengan keindahan dan berbahayanya Gunung Merapi? Rasa ingin mendaki Gunung Merapi semakin tinggi nih kayaknya, eeiitss tapi untuk saat ini Kalian belum boleh mendaki dulu yah Scrummia, karena keadaannya masih sangat berbahaya, terus pantau perkembangannya yah Scrummia. Ingat Jogja, Ingat Jogja Scrummy.

Sumber : https://www.superadventure.co.id/news/18653/5-fakta-menarik-gunung-merapi-dan-3-spot-paling-berbahaya-di-sana/
http://www.tribunnews.com/regional/2019/03/03/hari-ini-9-kali-gempa-guguran-gunung-merapi-berdurasi-12-hingga-44-detik

Writer : Deva Bunga Madarayu